Cara Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah

Jelang demo besar-besaran tanggal 4 November 2016, pemerintah kembali memblokir situs-situs yang dianggap radikal, menghasut, dan menyesatkan. Beberapa artikel di situs-situs tersebut memang cukup kontroversial, dan cukup sering memuat artikel tanpa crosscheck. Namun, beberapa artikel lainnya bisa jadi juga bisa bermanfaat bagi sejumlah orang dan kalangan. Tapi, stop. Saya tidak ingin jauh membahas soal itu, karena mungkin bukan kapasitas saya untuk menentukan apakah situs-situs tersebut layak diblokir atau tidak.

Pada artikel kali ini, saya hanya ingin memberikan sedikit trik bagaimana cara membuka situs-situs yang diblokir, secara mudah dan cepat. Tidak hanya untuk situs-situs yang diblokir pemerintah, tapi juga untuk semua situs yang tidak bisa diakses tanpa proxy tertentu. Cara membukanya yaitu dengan memanfaatkan proxy yang dimiliki oleh Google Translate. Berikut ini langkah-langkahnya:

Trik Cara Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah

  1. Buka Google Translate
    http://translate.google.co.id
  2. Pada kolom sebelah kiri, masukkan url situs yang diblokir. Misalnya, http://portalpiyungan.com
    trik cara membuka situs yang diblokir
  3. Setelah url dimasukkan di kolom sebelah kiri, maka akan muncul link url di kolom sebelah kanannya. Klik link tersebut, sehingga situs akan langsung terbuka. Bum!!!
    trik cara membuka situs yang diblokir
  4. Lalu, pada pilihan bahasa. Ada 2 field. Sebelah kiri (from), pilih bahasa yang kira-kira tidak terdapat di situs tersebut, misalnya “Afrikaans”, atau “Gujarati”. Lalu, pada pilihan bahasa sebelah kanan (to), pilih bahasa asli situs tersebut, misalnya “Indonesian”.
  5. Selamat membaca.

Trik yang saya sampaikan di situs ini seperti bisa jadi manfaat serta bisa pula menjadi mudharat. Semua tergantung Anda yang memanfaatkannya. Bahasa lainnya: saya tidak bertanggungjawab atas penyalahgunaan yang mungkin Anda lakukan!

Bekerja online dan mengelola website. Sekarang tinggal sambil berwisata di Pulau Lombok.

No Comments

Leave a Comment