tim green arrow

Cara Menjadi Superhero atau Vigilante untuk Menumpas Kejahatan

Kejahatan di jalanan semakin hari semakin merajalela. Kejahatan seperti perampokan, penodongan, bahkan hingga pembunuhan, terjadi hampir setiap hari. Bahkan, para penjahat semakin eksis dan membentuk grup-grup berandalan, seperti geng motor, dan sebagainya.

Ironisnya, pemerintah dan pihak berwenang tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi aksi para penjahat ini. Bahkan, pemerintah dan kepolisian tidak jarang malah bersikap tidak peduli dan tutup telinga atas apa yang terjadi. Sementara, korban-korban terus berjatuhan di jalanan.

Terinspirasi dari apa yang terjadi pada kota-kota fiksi, seperti Gotham, Starling City, dan sebagainya, di mana kejahatan merajalela dan kepolisian tidak bisa menangani, sehingga muncullah para vigilante, yaitu seseorang atau sekelompok orang yang menegakkan keadilan secara ilegal. Di gotham, vigilante yang kita kenal adalah Batman, sementara di Starling City, muncul vigilante yang dikenal dengan nama Green Arrow. Karena para vigilante ini sulit dikalahkan, tidak jarang mereka juga disebut Superhero atau pahlawan super, meskipun mereka tidak memiliki kekuatan super.

cara menjadi seperti green arrow

Nah, sekarang bagaimana caranya agar bisa menjadi Superhero atau vigilante seperti Batman dan Green Arrow? Berikut ini tips-tips menjadi superhero, yang mungkin bisa Anda lakukan bila Anda berniat menjadi seorang superhero/vigilante:

Skill Bela Diri (Martial Arts)

seni bela diriYang pertama harus dimiliki untuk menjadi seorang superhero adalah kemampuan bela diri. Kuasai berbagai jenis ilmu bela diri, misalnya silat, karate, taekwondo, jiujitsu, tarung derajat, kung-fu, thai boxing, wushu, krav maga, dan lain sebagainya. Menguasai lebih dari 1 teknik bela diri bisa membuat Anda lebih bisa menyesuaikan teknik yang digunakan saat menghadapi berbagai tipe penjahat.

Skill Menggunakan Berbagai Senjata

Selain skill bela diri, pelajari pula teknik menggunakan berbagai jenis senjata, seperti toya, double stick (nunchaku), pedang, pisau, dan sebagainya. Pelajari pula penggunaan senjata jarak jauh seperti busur dan panah, pisau lempar, shuriken, bahkan pistol dan senapan.

Selain mempelajari penggunaan senjata-senjata tersebut, pelajari pula teknik-teknik dalam menghadapi musuh yang menggunakan berbagai jenis senjata, mengingat para penjahat hampir dipastikan menggunakan aneka senjata dalam menjalankan misinya.

Pilih Senjata Favorit

Tiap-tiap superhero biasanya memiliki senjata favorit masing-masing. Green Arrow memilih busur dan panah, Iron Man menggunakan armor suit, Captain America memilih shield berbentuk lingkarang, Thor memilih Mjolnir, bahkan Wiro Sableng memilih Kapak Naga Geni 212. Nah, kalau Anda memilih menjadi superhero, pilihlah satu jenis senjata favorit.

Rekomendasi senjata pilihan:

taser-gunPilihlah senjata yang tidak terlalu fatal. Tingkatkan saja teknik penggunaannya agar lebih efektif melumpuhkan penjahat. Senjata dan peralatan berikut ini harus Anda miliki:

  • Salah satu dari: Police baton (Tonfa), double stick (nunchaku), expandable baton, stun gun.
    Senjata-senjata ini bukanlah senjata yang fatal (dapat secara langsung mengakibatkan kematian), namun cukup bermanfaat untuk sekadar melumpuhkan lawan. Setiap senjata akan lebih baik apabila sudah dilengkapi dengan stun gun (alat setrum) agar bisa lebih mudah melumpuhkan lawan.
  • Taser gun.
    Taser gun adalah pistol untuk melumpuhkan seseorang menggunakan energi listrik. Bedanya taser gun dengan stun gun biasa adalah, taser gun bisa melumpuhkan dari jarak lebih jauh, tanpa perlu kontak fisik dengan target. Sementara stun gun biasa perlu kontak fisik (jarak dekat).
  • Borgol atau tali.
    Borgol digunakan untuk mengikat penjahat setelah dilumpuhkan. Apabila sulit mendapatkan borgol, dapat gunakan tali sebagai penggantinya. Pelajari teknik-teknik ikat dan simpul, seperti yang sering diajarkan pada pramuka dan perkemahan.
  • Handy Talkie (HT).
    HT dapat digunakan untuk berkomunikasi, terutama bila Anda beraksi dalam grup. Juga dapat digunakan untuk menghubungi polisi.

Pelajari Parkour

Parkour sangat efektif digunakan, baik untuk mengejar ataupun menghindari kejaran penjahat. Lari di lorong-lorong sempit, memanjat dinding, melompat-lompat di antara pagar, terlihat sangat mudah bila menguasai teknik ini. Superhero populer yang memiliki kemampuan parkour yang sangat baik di antaranya Spiderman, Green Arrow dan Arsenal, semua Robin, dan Nightwing.

Kendaraan

Anda mungkin tidak bisa terbang seperti Superman, atau melompat dan berayun-ayun seperti Spider-Man ataupun Batman. Tapi, Anda bisa menggunakan sepeda motor, dan tetap terlihat sama kerennya seperti Green Arrow di serial Arrow. Pilihlah kendaraan yang bisa Anda gunakan untuk memburu penjahat, melarikan diri ketika dikejar penjahat, ataupun patroli untuk melindungi kota.Supermoto

Saya merekomendasikan sepeda motor Supermoto, karena bisa digunakan off-road maupun on-road. Selain itu, jenis kendaraan ini juga terlihat keren dan gagah.

Pilih Trademark

cara menjadi superheroBerikutnya adalah memilih trademark, alias penanda khusus. Penanda inilah yang akan dikenal orang, baik untuk diingat, maupun untuk ditakuti. Penanda khusus superhero ini, antara lain:

  • Nama Samaran. Pilih nama yang keren dan mudah diingat. Jangan gunakan nama asli, agar identitas asli Anda tetap terjaga kerahasiaannya.
  • Logo. Batman, Superman, bahkan The Flash dan Green Lantern memiliki logo khusus untuk mereka. Pilihlah logo yang paling sesuai dengan diri dan aksi Anda.
  • Kostum. Sebaiknya menggunakan kostum khusus dalam beraksi. Pilihlah kostum yang fleksibel. Saya sendiri menyukai warna hitam.
    • Kostum juga akan lebih berguna bisa dilengkapi dengan lapisan anti senjata tajam. Lapisan ini bisa Anda buat sendiri dari pop tab kaleng minuman soda (pembuka lubang tutup kaleng). Tapi perlu banyak sekali tutup kaleng untuk membuat satu lapisan utuh.
    • Selain pembuka kaleng soda, Anda juga bisa menggunakan ring dari gantungan kunci. Pilihlah ring yang ukurannya lebih kecil. Rangkaikan sekian banyak ring tersebut untuk membuat lapisan yang bisa melindungi tubuh.
  • Jangan lupa: Gunakan topeng (mask) untuk menutupi jati dirimu. Para superhero biasanya menutupi jati dirinya tidak hanya agar sulit dikenali, tapi juga untuk melindungi orang-orang yang mereka cintai.

Tips Tambahan:

Buatlah Tim.

Yang terakhir adalah membentuk tim. Bahkan ahli martial arts seperti Batman pun memerlukan bantuan dari Robin dan Alfred Pennyworth, dalam melaksanakan aksinya. Sementara, Green Arrow juga memerlukan bantuan ahli IT serta Black Canary dan Arsenal dalam memberantas kejahatan di Starling City.

tim green arrow

Anda pun bisa membentuk tim yang mirip. Pilihlah orang-orang yang memiliki hasrat yang sama untuk melindungi kota. Akan sangat membantu apabila sudah memiliki kemampuan khusus, seperti bela diri, hacking, dan sebagainya.

Jaga Kerahasiaan Identitas dari Siapapun.

Identitas asli harus tetap terjaga kerahasiaannya. Jangan pernah bocorkan, termasuk kepada orang-orang terdekat. Bayangkan apa yang akan terjadi apabila orang-orang mengetahui bahwa Anda adalah Superhero yang selama ini menumpas kejahatan:

  • Para bos penjahat akan memerintahkan semua anggotanya melakukan penyerbuan besar-besaran ke rumah dan kost-kostan Anda.
  • Orang tua Anda di kampung akan khawatir. Mereka masih tidak percaya bahwa anaknya ternyata tidak melanjutkan kuliah dan malah menumpas kejahatan.
  • Ponakan Anda akan bangga luar biasa, lalu bercerita panjang lebar dengan teman-temannya.
  • Pacar Anda akan jadi target penculikan. Itu pun kalau Anda tidak jomblo. Tips: sebaiknya Anda jadi jomblo saja apabila memilih menjadi superhero.
  • Dan berbagai resiko lainnya. Untuk itu, tetaplah menjaga kerahasiaan identitas asli Anda.

Nah, demikianlah tips dan informasi bagaimana cara menjadi superhero/vigilante dari saya: PamanKecil.com. Semoga membantu Anda mewujudkan impian memiliki kota yang aman dan nyaman.

Bekerja online dan mengelola website. Sekarang tinggal sambil berwisata di Pulau Lombok.