Ketagihan Permainan River Tubing Sungai Mencerit di Lombok Timur

Sepertinya saya mendapatkan kesenangan baru saat ini. Sebuah permainan yang tampaknya bisa menjadi hobi yang sangat menyenangkan, karena kegilaan ketika menjalaninya bisa membuat ketagihan. Buktinya, hanya dalam tempo sekitar 1 pekan, saya sudah 2 kali memainkannya. Kesenangan itu adalah bermain river tubing, di Sungai Mencerit – Pringgasela, Lombok Timur.

Permainan river tubing di Sungai Mencerit ini sudah cukup lama saya dengar. Setidaknya sudah lebih dari 1 tahun belakangan. Namun demikian, saya baru sempat mencobanya di akhir Desember 2016, yaitu ketika mengantar sepasang kawan dari Singapura yang sedang berwisata ke Lombok dan ingin mencoba berwisata adventure; serta di awal Januari 2017, bersama beberapa blogger Lombok.

Tak disangka, permainan ini benar-benar menyenangkan. Ketegangan jelang mengarungi jeram, adrenalin yang memuncak ketika melihat jeram semakin menantang, ditambah gelak tawa kala terguling-guling di arus deras, adalah bagian-bagian yang membuat permainan river tubing ini menjadi sebuah kegilaan yang bikin ketagihan. Seketika stress dan beban pikiran hilang, seolah lenyap terbawa derasnya arus sungai Mencerit.

River Tubing Sungai Mencerit Bersama JBB Adventure.

Buat yang belum tahu, River Tubing adalah permainan yang mirip dengan permainan arung jeram. Namun bedanya, river tubing menggunakan ban bekas sebagai ‘boat’nya. Jika arung jeram membutuhkan kekompakan tim untuk membuat boat tetap stabil di arus sungai, maka river tubing membutuhkan kemandirian pemainnya untuk membuat tube tetap stabil dan tidak terguling. Akibatnya, memang permainan river tubing ini memang lebih rentan membuat pemainnya terguling, namun justeru di sinilah keseruan permainan ini. Saat pemain terguling-guling, gelak tawa akan pecah, dan kegilaan pun tercipta.

Untuk keselamatan, pada permainan river tubing, setiap pemain harus dilengkapi dengan peralatan keamanan standar: pelindung siku, pelindung lutut, pelindung kaki (sandal gunung), rompi keselamatan (pelampung), helm pelindung kepala, serta tentunya ban (tube) besar sebagai boatnya. Jadi, meski permainan river tubing ini merupakan permainan adventure yang cukup berbahaya, namun standar keselamatan tetap nomor 1.

Nah, perlengkapan dan peralatan tersebut sudah dipersiapkan semua oleh operator permainan ini, yaitu Jejak Black Barry Adventure (JBB Adventure). Sebagai operator utama permainan river tubing di Sungai Mencerit, JBB Adventure juga menyediakan fasilitas dan tim yang cukup banyak pada setiap sesi permainan. Pada kesempatan pertama saya mencoba permainan ini, peserta hanya berjumlah 4 orang, dan tim JBB Adventure menyertakan 4 orang timnya sebagai tim pemandu untuk memastikan keamanan dan keselamatan peserta, serta tim dokumentasi untuk memastikan keseruan peserta selama permainan tetap terabadikan dalam lensa kamera. Menarik!

Menjerit Seru di Sungai Mencerit

Sekarang saya ingin bercerita bagaimana serunya bermain river tubing di Sungai Mencerit.

Sekitar jam 10 pagi, di basecamp (baca: kantor) JBB Adventure di dekat tugu Mopra – Desa Pringgasela, saya dan para peserta lainnya sudah harus berganti pakaian dan menggunakan perangkat keselamatan: helm, rompi pelampung, pelindung siku dan lutut, serta sandal gunung. Setelah memastikan semuanya terpasang dengan benar, kami foto-foto (ya, tentu saja), lalu berangkat ke sungai Mencerit menggunakan mobil pick up.

Perjalanan dengan mobil bak terbuka ini melalui jalan desa yang berkelok-kelok, dan sebagian jalan belum teraspal, sehingga jalan agak bergelombang. Tak disangka, sejak di mobil pun sudah menjadi bagian petualangan yang menarik. Setelah 10 menit, perjalanan penuh petualangan ini usai, karena sudah tiba di dekat sungai.

para peserta membawa ban masing-masing ke starting point

para peserta membawa ban masing-masing ke starting point

Turun dari mobil, masing-masing peserta membawa bannya masing-masing, melalui jalur kecil menuju ke starting point Sungai Mencerit. Yeay!!! Di starting point ini, tim JBB Adventure memberikan briefing mengenai permainan river tubing ini, memperkenalkan sungai Mencerit, menjelaskan tipikal arus sungai, serta teknik permainan river tubing.

Lalu, satu per satu peserta melompat ke bannya masing-masing, mengarungi derasnya sungai Mencerit, dan… byurrr!! terguling-guling, tertawa, mencoba bangkit lagi, naik kembali ke ban, lalu terguling-guling lagi di jeram berikutnya, tertawa lagi. Berulang-ulang.

Terguling, tertawa

Terguling, tertawa

Ada pemandangan indah di sepanjang jalur permainan. Tebing-tebing tinggi di kanan dan kiri sungai, serta cekungan di dinding tebing, yang terbentuk akibat aliran air; juga air yang jatuh dari atas tebing, membuat pemandangan semakin menakjubkan.

Jalur sungai yang mesti dilalui dalam permainan ini adalah sepanjang 2 km! Ya, jika mencobanya, sepanjang 2 kilometer, Anda akan tertawa tergelak menertawai serunya kegilaan permainan ini, sambil menikmati pemandangan indah di jalur sungai. Jalur sepanjang 2 kilometer itu akan ditempuh selama 1,5 sampai 2 jam. Diselingi dengan istirahat sambil makan snack dan teh panas di pertengahan permainan.

Setelah istirahat, keseruan berlanjut. Lebih seru lagi, karena pada sesi ini peserta akan melewati 2 gua yang menakjubkan: virgin cave yang bentuknya unik, serta gua lainnya yang benar-benar tidak ada cahaya.

Biar gambar berbicara:

Setelah 2 jam bermain river tubing, para peserta sampai di tepi sungai berarus tenang. Ingin rasanya mengulangi dari awal dan bermain kembali, namun panggilan perut tidak bisa ditunda-tunda. Peserta pun diantar kembali ke basecamp JBB Adventure.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, sesampainya di basecamp, hidangan sudah dipersiapkan. Saatnya memanjakan perut! Paduan menu yang tersedia terasa sangat pas, apalagi saat perut lapar setelah puas bermain air.

Beban pikiran hilang, beban perut bertambah.

Terimakasih, Jejak Black Barry Adventure.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba serunya bermain river tubing di Sungai Mencerit, Pringgasela – Lombok Timur, bisa menghubungi:

Jejak Black Barry Adventure.

Telepon/SMS/WhatsApp: 082147460729
Instagram, Twitter, Facebook: @jbbadventure

jbb adventure

Bekerja online dan mengelola website. Sekarang tinggal sambil berwisata di Pulau Lombok.

No Comments

Leave a Comment