Membuat Website Canggih dan Keren tanpa Pemrograman

Di era sekarang, membuat website bukan lagi pekerjaan sulit. Jika di waktu-waktu sebelumnya untuk membuat website kita harus menguasai sejumlah bahasa pemrograman, sekarang tidak lagi. Biarkan para programmer bekerja membuat kode pemrograman serta membuat tools-tools pembuat website, sementara Anda cukup fokus mendesain website dengan kreatifitas Anda sendiri.

Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi dan rahasia bagaimana membuat website canggih tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman. Ikuti langkah-langkah berikut ini, yaa.

Pertama: Hosting dan Domain

Yang pertama harus Anda siapkan adalah hosting dan domain. Hosting adalah tempat menyimpan seluruh file dan data yang diperlukan untuk website Anda, sementara domain adalah nama unik yang akan digunakan untuk mengakses halaman website Anda.

web-servers-and-computers

Hosting dan domain biasanya bisa didapatkkan dengan cara menyewa dari penyedia hosting dan domain. Anda dapat memilih penyedia domain dan hosting dari dalam negeri, maupun penyedia dari luar negeri. Tentunya penyedia hosting dari dalam maupun luar negeri memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Penyedia domain dan hosting dalam negeri, misalnya. Mereka lebih bersahabat mengenai proses pembayaran bagi pengguna dalam negeri, karena bisa dilakukan melalui transfer bank maupun datang sendiri ke kantornya dan melakukan pembayaran tunai. Selain itu, layanan bantuan yang disediakan juga bisa menggunakan bahasa Indonesia, yang pastinya sangat membantu bagi mereka yang kurang fasih berbahasa Inggris.

Sementara itu, layanan domain dan hosting luar negeri biasanya lebih murah jika dibandingkan harga dari penyedia dari dalam negeri, untuk spesifikasi hosting yang sama dan setara. Namun, sistem pembayarannya biasanya menggunakan sitem yang mungkin tidak terlalu bersahabat bagi pemula, karena pilihannya antara lain menggunakan kartu kredit maupun PayPal, dan lain sebagainya. Selain itu, layanan bantuan yang dimiliki tentunya menggunakan bahasa Inggris.

Nah, jadi tinggal Anda sendiri yang memilih sesuai kemampuan dan kebutuhan Anda.

Tips Memilih Web Hosting:

Pilihlah yang memiliki reputasi yang baik mengenai:

  • Layanan bantuan
  • Up time
  • Ketersediaan fitur

Anda bisa mengetahui reputasi tersebut dari ulasan-ulasan yang diambil dari pengalaman-pengalaman pengguna layanan tersebut sebelumnya. Anda bisa bergabung di forum-forum web developer untuk mengetahui informasi ini.

Web Hosting yang Saya Rekomendasikan?

Hahaha, yang ini agak sulit nih, karena takutnya dianggap promosi. Tapi jujur saja, saya saat ini hanya menggunakan layanan-layanan berikut ini untuk hosting dan domain yang saya miliki:

Instal CMS: WordPress

wordpress logoSetelah hosting dan domain tersedia, Anda bisa mulai menginstall CMS (Content Management System) ke dalam web hosting. CMS diperlukan untuk mengelola konten (file dan data) website Anda. CMS yang saya rekomendasikan adalah WordPress, karena fleksibel untuk dilakukan modifikasi, gratis, serta dukungan komunitas pengembangnya yang begitu besar. WordPress adalah salah satu CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Untuk menginstall WordPress, Anda bisa masuk ke panel hosting (misalnya cPanel). Untuk mengetahui bagaimana cara mengelola hosting, Anda bisa cek panduannya di email yang biasanya dikirimkan oleh penyedia web hosting setelah melakukan pembelian. Jika Anda menggunakan cPanel, Anda bisa menginstall WordPress dengan memilih tool QuickInstall di kolom Software/Services. Di sana Anda bisa menginstall WordPress untuk domain yang sudah Anda miliki.

quickinstall

Setting Dasar Website WordPress.

Nah, setelah WordPress berhasil diinstall, website Anda sudah bisa diakses. Anda pun akan memiliki username dan password untuk mengakses halaman admin (backend) website Anda. Gunakan username dan password tersebut untuk masuk ke backend/dashboard, dan mengelola keseluruhan website Anda. Alamat url untuk mengakses dashboard ini biasanya di http://nama.domainA.nda/wp-admin.

panduan wordpressSetelah berhasil login, silakan lakukan setting dasar untuk website Anda, seperti memilih nama situs, deskripsi situs, perubahan data login (username dan password), setting cache, membuat konten, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya bagaimana setting dasar WordPress, bisa membacanya di buku WordPress: Panduan Membangun Website Skala Bisnis. Buku ini sudah tersedia di toko-toko buku terdekat.

Sampai pada langkah ini website Anda sudah bisa dipublikasikan, namun belum cukup “canggih”. Website Anda perlu beberapa fitur tambahan yang akan membuatnya tampil lebih canggih dan keren. Untuk itu, kita lanjut lagi ke langkah selanjutnya.

Install Plugin Page Builder.

Plugin adalah semacam software tambahan yang bisa Anda masukkan/tambahkan ke dalam website Anda untuk membuat website Anda lebih fungsional. Untuk menambahkan plugin Anda bisa masuk ke menu Plugins >> Add New dari Dashboard website Anda.

Pada langkah ini, plugin yang akan ditambahkan adalah plugin Page Builder, yaitu plugin yang bisa digunakan untuk membuat halaman website lebih canggih tanpa harus menuliskan berbagai kode pemrograman. Berbagai plugin page builder yang bisa digunakan, antara lain:

Visual Composer.

Visual Composer adalah plugin WordPress yang kegunaan utamanya untuk membuat halaman website WordPress lebih atraktif dan fleksibel, tanpa harus membuat kode pemrograman. Visual Composer merupakan plugin premium yang paling populer. Popularitasnya meningkat karena banyak membantu para web developer untuk mempermudah membangun website yang canggih dan atraktif.

Untuk lebih jelasnya mengenai Visual Composer, bisa Anda lihat di video berikut:

Klik di sini untuk mendapatkan Visual Composer.

Harga: $28.

Live Composer.

Live Composer merupakan plugin page builder yang tampaknya menjadi penantang serius bagi Visual Composer. Live Composer memberikan fungsi yang sama, namun dengan interface yang lebih interaktif.

Video berikut ini menunjukkan bagaimana mudahnya membuat website menggunakan Live Composer:

Klik di sini untuk mendapatkan Live Composer.

Harga: $28.

Live Composer Lite.

Selain versi premium yang berbayar, Live Composer juga menyediakan versi gratisnya, yaitu Live Composer Lite. Versi ini memiliki fungsi yang sama dengan versi premium, namun dengan fitur yang lebih sedikit, serta layanan bantuan premium (premium support) yang tidak tersedia.

Klik di sini untuk mendapatkan Live Composer Lite.

Harga: free.

Dari 3 plugin yang disebutkan di atas, Anda cukup memilih salah satunya saja, tergantung mana yang lebih Anda sukai.

Install Plugin Slider.

Plugin berikutnya yang sebaiknya Anda install untuk membuat website Anda lebih atraktif adalah plugin slider. Plugin ini berguna untuk membuat, mengatur, dan menampilkan berbagai slider/slideshow, yang membuat website Anda tampil lebih dinamis.

Beberapa plugin slider berikut ini bisa menjadi pilihan Anda:

Slider Revolution.

Slider Revolution merupakan plugin yang sangat populer di situs marketplace CodeCanyon. Plugin ini membantu Anda membuat dan menampilkan slider di website Anda dengan sangat mudah. Keunggulan dari plugin ini adalah fitur visual editor, yang membantu Anda membuat slider dengan gerakan/perpindahan yang sesuai keinginan Anda, tanpa harus membuat kode pemrograman.

slider revolution

Klik di sini untuk mendapatkan plugin Slider Revolution.

Harga: $18.

LayerSlider.

LayerSlider merupakan plugin yang membantu Anda membuat slider di website, dengan banyak pilihan skin/template yang menarik. Plugin ini juga dapat membuat slider yang responsive terhadap sentuhan, sangat baik untuk digunakan pada website berbasis mobile.

layer slider

Klik di sini untuk mendapatkan LayerSlider.

Harga: $17

Plugin Mega Menu Manager.

Plugin berikutnya yang juga bisa Anda install untuk membuat website Anda terlihat lebih canggih dan atraktif, adalah plugin Mega Menu. Dengan plugin ini Anda bisa mengubah tampilan menu website yang tradisional menjadi lebih menarik dan lebih fungsional.

Plugin Mega Menu yang bisa Anda install, antara lain:

Uber Menu

Dengan plugin Uber Menu, Anda bisa mengubah menu tradisional yang ada pada website Anda, menjadi menu yang lebih menarik, lebih modern, dan lebih fungsional. Anda bisa menambahkan gambar pada tiap-tiap elemen menu, mengubah menjadi ful page, dan sebagainya.

uber menu

Klik di sini untuk mendapatkan Uber Menu.

Harga: $18.

Plugin Contact Form.

Plugin berikutnya yang perlu Anda install di website Anda adalah plugin contact form. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa plugin berikut ini:

Nah, demikianlah beberapa hal yang Anda butuhkan untuk membuat website canggih dan atraktif tanpa pemrograman. 100% cool, 0% code! Selamat mencoba, dan semoga membantu Anda dalam membuat website keren yang Anda idamkan.

Catatan: beberapa link di atas menggunakan link afiliasi, di mana saya bisa mendapatkan sejumlah revenue bila Anda klik kemudian melakukan pembelian. Silakan lakukan jika berkenan dan informasi ini bermanfaat buat Anda.

 

Bekerja online dan mengelola website. Sekarang tinggal sambil berwisata di Pulau Lombok.