shalat yang diterima dan bermanfaat

Shalat yang Diterima Allah SWT dan Shalat yang Bermanfaat

shalat yang diterima dan bermanfaatAda sebuah pertanyaan yang dahulu sering sekali terngiang-ngiang di kepala, yaitu pertanyaan mengenai ibadah utama dalam Agama Islam: shalat. Pertanyaan itu adalah apakah shalat yang telah kita kerjakan adalah shalat yang diterima oleh Allah SWT atau tidak. Sering kali kita ragu dan takut, apabila shalat yang telah kita kerjakan ternyata tidak diterima oleh Allah SWT, dan tidak terhitung ibadah.

Setelah lama merenung, dan membaca sejumlah literatur, saya mempunyai sedikit kesimpulan, yaitu sebagai berikut:

Dalam shalat ada syarat dan rukun yang harus dipenuhi. Maka dirikanlah shalat dengan memenuhi syarat dan rukun tersebut. Mengenai apakah shalat kita akan diterima oleh Allah SWT atau tidak, itu bukan urusan kita. Hal itu mutlak hak Allah SWT untuk menentukannya.

Hal yang harusnya lebih kita khawatirkan adalah apakah shalat yang kita kerjakan adalah shalat yang bermanfaat atau tidak.

Lalu, bagaimana mengetahuinya?

Mengetahui Keberhasilan Shalat.

Dalam Al-Qur’an surat Al-Ankabut ayat 45, Allah SWT telah berfirman:

وَأَقِمِ الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَر

Dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah perbuatan keji dan munkar.

Dari ayat tersebut, Allah SWT telah menjelaskan secara singkat dan padat mengenai manfaat dan tujuan shalat, yaitu mencegah perbuatan keji dan munkar.

Nah, sekarang giliran kita untuk menilai apakah shalat yang kita kerjakan telah bermanfaat untuk kita atau tidak. Apabila kita shalat rutin, namun juga rutin menggunjing, memfitnah, berbohong, menzalimi orang lain, serta melakukan perbuatan buruk, masih suka sombong, takabbur, dan lain sebagainya, artinya manfaat dan keberhasilan shalat yang kita kerjakan masih perlu dipertanyakan.

Wallahu A’lam Bishawab.

Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan hikmah.

Bekerja online dan mengelola website. Sekarang tinggal sambil berwisata di Pulau Lombok.

No Comments

Leave a Comment